Press Release Hasil KPU Pilpres 2024: Pemilu Serentak Sebagai Ujian Demokrasi

 Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2024 pada hari ini, Rabu (20/3/2024). Pemilu nasional pemilihan presiden, DPR, DPD, dan juga Pilkada serentak akan menjadi ujian yang sesungguhnya bagi bangsa Indonesia dalam menjalankan demokrasi. Pemilu serentak ini akan menjadi tahapan konsolidasi yang penting untuk mencapai kematangan demokrasi di Indonesia.


Presiden Ir. Joko Widodo telah ingatkan lima tantangan utama pelaksanaan pemilu untuk 2024, yaitu mulai dari masalah teknis persiapan Pemilu, masalah partisipasi pemilih, masalah transparansi, dan tata kelola pemilu yang akuntabel, serta masa kampanye. Indonesia akan menyelenggarakan perhelatan politik besar pada 2024, yang akan menjadi ujian demokrasi yang sesungguhnya bagi bangsa Indonesia.


KPU masih dalam proses menyelesaikan rekapitulasi suara dari Provinsi Papua dan Papua Pegunungan. Ketua KPU RI Hasim Asy'ari memastikan akan menuntaskan rekapitulasi suara dari dua provinsi tersebut pada hari ini, sehingga pengumuman hasil Pemilu 2024 tetap sesuai jadwal yang ditetapkan.


Pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul di 34 provinsi, sementara pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menang di 2 provinsi. Secara keseluruhan, pasangan Prabowo-Gibran mengumpulkan suara 94.569.530 atau 58,51% dari suara sah, sedangkan pasangan Anies-Muhaimin memperoleh suara 40.494.840 atau 25,05% dari suara sah. Pasangan Ganjar-Mahfud mengumpulkan 26.568.003 suara atau 16,44% dari suara sah.


Pemilu 2024 adalah waktunya untuk membangun demokrasi yang sehat dan berkualitas, bukan demokrasi pengkultusan atau demokrasi idola. Presiden Joko Widodo mengingatkan para kontestan pemilu agar menjalankan kampanye yang semakin berkualitas dan menyehatkan demokrasi, bukan kampanye gontok-gontokan atau yang merusak tatanan bangsa.


Pada Seminar Nasional PPRA 63 Lemhannas RI, para narasumber berbagi pendapat mengenai tantangan pemilu 2024, yang akan menjadi tahapan konsolidasi demokrasi di Indonesia.Pemilu serentak ini akan menjadi ujian yang sesungguhnya bagi bangsa Indonesia dalam menjalankan demokrasi.


Sumber:

Berita - Press Release - KPU

Pemilu 2024 Waktunya Demokrasi Gagasan, Bukan Demokrasi Pengkultusan - Lemhannas RI

Presiden Ingatkan Lima Tantangan Pemilu 2024 - Lemhannas RI

KPU Umumkan Pemenang Pilpres 2024 Malam Ini - detikNews - detikcom

KPU Umumkan Pemenang Pilpres 2024 Hari Ini, Cek Link 

Buat Tahu Pertama

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MoJA Museum: Menjelajahi Dunia Kreatif dan Interaktif di Jakarta

Pesona Kuliner di Stasiun Gondangdia

Wawancara dengan Suporter Persija Jakarta: Dedikasi dan Kesetiaan