Galeri Nasional Jakarta: Sejarah, Fasilitas, dan Koleksi Seni Rupa

 Galeri Nasional Indonesia adalah sebuah institusi yang berfungsi sebagai wujud upaya pembangunan Wisma Seni Nasional di Jakarta. Berdiri sejak tahun 1998, galeri ini berisi koleksi seni rupa modern dan kontemporer yang ada di Indonesia. Berikut adalah informasi lebih lanjut mengenai galeri nasional Jakarta:


Sejarah

Galeri Nasional Indonesia berdiri pada tahun 1998 dan berada di Jalan Medan Merdeka Timur No. 14, Jakarta Pusat. Sebelumnya, bangunan tersebut digunakan sebagai sekolah dan asrama wanita pertama di Jakarta, yang dibangun oleh Yayasan Kristen Carpentier ALting Stitching (CAS) pada tahun 1900. Pemerintah Indonesia membuka gedung tersebut sebagai galeri seni rupa pada tahun 1998, berdasarkan surat persetujuan Menko Pegawasan Pembangunan dan Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 34/MK.WASPAN/1998.


Fasilitas

Galeri Nasional Indonesia menyediakan berbagai fasilitas untuk pengunjung, seperti:

Ruang pameran atap

Ruang pameran temporer

Ruang seminar

Perpustakaan

Laboratorium

Area parkir

Toilet Mushola


Koleksi

Galeri menampilkan koleksi seni rupa yang berasal dari seniman anak bangsa Indonesia, termasuk lukisan, patung, keramik, dan fotografi. Koleksi ini dipergunakan sebagai sumber informasi dan wisata edukasi.


Lokasi dan Akses

Galeri Nasional Indonesia terletak di area yang sangat strategis, yaitu di Jalan Medan Merdeka, Gambir, Jakarta Pusat. Akses jalan ke galeri ini mudah, baik menggunakan Trans Jakarta, KRL, atau kendaraan pribadi.


Pameran Seni Rupa

Galeri Nasional Indonesia menyediakan pameran seni rupa yang bergengsi rutin, termasuk pameran seni rupa modern dan kontemporer yang diperintahkan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.


Seminar Seni Rupa

Seminar seni rupa diselenggarakan secara rutin setiap tahun di berbagai kota, termasuk di Jakarta. Galeri sendiri pernah mengadakan seminar dengan skala internasional di Bali dengan nama Seminar Estetik.


Kunjungan

Untuk kunjungi Galeri Nasional Indonesia, pengunjung harus registrasi terlebih dahulu karena jumlah pengunjung terbatas sesuai dengan anjuran dari protokol kesehatan. Registrasi dapat dilakukan secara online. Galeri ini buka setiap hari, namun sebaiknya pengunjung datang sesuai dengan jam buka, yang berlangsung dari jam 09.00 sampai jam 19.00 WIB.


Referensi

Museum Galeri Nasional Indonesia

 GNI: Website Resmi Galeri Nasional Indonesia

 Museum Galeri Nasional Indonesia: Koleksi dan Harga Tiket

 Galeri Nasional Indonesia - YouTube

 Galeri Nasional: Sejarah, Koleksi dan Harga Tiketnya

 Galeri Nasional Indonesia - Salsa Wisata

 Architectural Review Of Indonesian National Gallery Building

 Koleksi - Galeri Nasional Indonesia

 Mengenal lebih dekat seni 

rupa Indonesia - Ulasan Galeri Nasional

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MoJA Museum: Menjelajahi Dunia Kreatif dan Interaktif di Jakarta

Pesona Kuliner di Stasiun Gondangdia

Wawancara dengan Suporter Persija Jakarta: Dedikasi dan Kesetiaan